dr. Ryan Thamrin di Seminar “PERANA TENAGA KESEHATAN TERHADAP DAMPAK PSIKOLOGI KORBAN PSIKOSEKSUAL”

Bandung, 14 Desember 2014 BEM KM STIKes Dharma Husada Bandug menyelenggarakan seminar bertajuk Dampak Psikologi Korban Psikoseksual yang diselenggarakan di Gedung Wahana Bhakti Pos, Jalan Banda No. 30, dihadiri oleh hampir 1000 peserta dari berbagai insitusi kesehatan di Jawa Barat.

Kegiatan ini tersendiri terbilang fenomenal, dengan mengusung tema yang sekarang sedang menjadi perhatian khusus oleh semua kalangan masyarakat terkait banyak kasus yang sekarang banyak terungkap dan di ekspose secara besar oleh stasiun televisi nasional, didatangkan para pembicara yang tidak hanya kompeten namun juga sedang naik daun yaitu dr. Ryan Thamrin (dr. OZ Indonesia), selain tentunya ada fakar dibidang kesehatan lainnya yaitu Ibu Suryani, S.Kp.,MHSc.,PhD. hadir pula sebagai keynote spech Ibu dr. Alma Lucyati, M.Kes., MH.Kes selaku kepala Dinas Provinsi Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, keynot spech pada pemaparannya menekankan adanya perubahan perilaku dan pendekatan dalam mendidik anak, kemudian beliau juga menekankan pentingnya menyikapi setiap kejadian pedofilia yaitu tidak hanya dengan sanksi hukum namun dengan memberikan sanksi sosial bagi para pelaku, misalnya dalam konten pemberitaan yang diangkat adalah profil pelaku bukan profil korban, sehingga pelaku akan menjadi malu dan diharapkan akan menjadi jera.

Sementara Ibu Suryani memaparkan tentang pengaruh psikologis pada korban psikoseksual, beliau memaparkan bahwa menurut data Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (Komnas PA) menyebutkan, pada tahun 2013 jumlah kasus kekerasan pada anak meningkat 60% dibanding tahun 2012. Sebanyak 24% pelaku berasal dari keluarga, 56% lingkungan sosial sekitar tempat tinggal korban, dan sebanyak 17% dari lingkungan sekolah. Tanda – tanda anak mengalami kekerasan seksual, biasanya anak mengeluh dibagian alat kelamin atau anusnya, serta anak anak memiliki rasa takut berlebih jika bertemu dengan seseorang (berteriak atau menangis). Dampak yang dapat ditimbulkan pada korban pedofilia bisa menjadi depresi, menyimpan pendeitaannya, menjadi lebih pendiam, tidak percaya diri, memiliki kelainan perilaku seksual dibanding anak-anak lainnya, dll.

Sesi selanjutnya menghadirkan pembicara utama dan tentunya yang paling ditunggu oleh para hadirin yaitu dr. Ryan Thamrin yang menyampaikan tentang peran tenaga kesehatan terhadap korban pedofilia, dimana ada beberapa pendekatan atau cara yang bisa dilakukan adalah dengan farmakoterafi, psikoterapi, kemudian memberikan pemahaman pada keluarga tentang dampak yang bisa terjadi pada korban pedofilia serta bagaimana mengidentifikasi korban pedofilia dari perubahan sikap dan perilaku, dan terakhir memberikan pemahaman pada keluarga tentang edukasi seks agar terhindar dari pelaku pedofil.

Bandung, 14 Desember 2014 BEM KM STIKes Dharma Husada Bandug menyelenggarakan seminar bertajuk Dampak Psikologi Korban Psikoseksual yang diselenggarakan di Gedung Wahana Bhakti Pos, Jalan Banda No. 30, dihadiri oleh hampir 1000 peserta dari berbagai insitusi kesehatan di Jawa Barat. Kegiatan ini tersendiri terbilang fenomenal, dengan mengusung tema yang sekarang sedang menjadi perhatian khusus oleh […]

Leave a Reply

*