KULIAH UMUM “Holistic Nursing Care”

Rabu, 10 Februari 2016. Program Studi S 1 Keperawatan mengadakan kuliah umum tentang Holistic Nursing Care bertempat di Kampus STIKes Dharma Husada Bandung, yang di hadiri 200 orang mahasiswa Keperawatan, Dosen dan staf STIKes Dharma Husada Bandung dengan menghadirkan pemateri yang ahli dan pakar di bidang keperawatan yaitu Kusman Ibrahim, Ph.D. beliau merupakan Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Padjajaran dan juga sebagai dosen tidak tetap di STIKes Dharma Husada.

Dalam sambutannya ketua program studi S 1 Ilmu Keperawatan yaitu ibu Ns. Asri Handayani, S.Kep.,M.Kep menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk memberikan bekal untuk mahasiswa S 1 ilmu keperawatan karena pengetahuan mengenai holistic nursing sangat penting ketika nanti praktek di rumah sakit dalam melayani pasien. Karena pasien juga memiliki pikiran, hati, dan emosi. Kalau yang diobatinya hanya fisiknya saja sementara hatinya tidak disentuh, maka menurut saya proses penyembuhannya akan lama.

Selanjutnya Pak Kusman menyampaikan pemaparannya bahwa dalam dunia keperawatan, aplikasi secara holistik yaitu menyeluruh dengan memiliki makna membangun manusia atau pasien secara utuh yaitu Bio, Psiko, Sosio, Spiritual dan sehat secara seimbang dalam seluruh aspek pembelajaran mengontrol kemampuan diri sendiri atau healing. Selanjutnya menurut pak kusman Healing disini maksudnya manusia atau pasien sebetulnya mampu untuk mengontrol atau membuat dirinya sehat kembali setelah sakit.
Mengaitkan dengan profesi keperawatan pak kusman mengartikan perawat merupakan suatu profesi yang harus mampu membantu memberikan motivasi pasien dalam menghadapi penyakitnya dengan sifat caring atau feeling ketika melakukan pelayanan atau tindakan keperawatan. Seberapa canggih alat atau mesin kesehatan kalau tidak di bantu petugas kesehatan dalam hal ini keperawatan tidak akan pernah sempurna kalo dalam tindakannya tidak mengedepankan caring sehingga seorang perawat dituntut memberikan pelayanan secara menyeluruh atau Holistik.
Pada sesi terakhir Pak Kusman juga menyampaikan harapannya agar semua mahasiswa yang hadir pada acara kuliah umum tersebut untuk bisa lebih sungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri dalam karir yang akan mereka hadapi nanti dan persiapkan diri untuk menjadi perawat yang baik dan profesional yaitu bagaimanan kita memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Karena masyarakat yang menilai kerja kita dilapangan.

DSC 1527 150x150 KULIAH UMUM Holistic Nursing Care STIKes DSC 1525 150x150 KULIAH UMUM Holistic Nursing Care STIKes DSC 1529 150x150 KULIAH UMUM Holistic Nursing Care STIKes DSC 1520 150x150 KULIAH UMUM Holistic Nursing Care STIKes

Reported By : Rio Prioyono

Rabu, 10 Februari 2016. Program Studi S 1 Keperawatan mengadakan kuliah umum tentang Holistic Nursing Care bertempat di Kampus STIKes Dharma Husada Bandung, yang di hadiri 200 orang mahasiswa Keperawatan, Dosen dan staf STIKes Dharma Husada Bandung dengan menghadirkan pemateri yang ahli dan pakar di bidang keperawatan yaitu Kusman Ibrahim, Ph.D. beliau merupakan Dekan Fakultas […]

Leave a Reply

*