KULIAH UMUM KEPERAWATAN “NURSING DIAGNOSIS NANDA NIC NOC”

Kamis, 22 Januari 2015. Program Studi S 1 Ilmu Keperawatan STIKes Dharma Husada Bandung melaksanakan Kuliah Umum Implementasi NANDA NIC NOC yang disampaikan oleh dosen keperawatan yaitu Bapak Irman Somantri, M.Kep dan Ibu Asri Handayani, M.Kep.
Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Program Studi S 1 Ilmu Keperawatan di tahun Akademik 2014/2015, dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang asuhan dan diagnosa keperawatan.
Nursing Outcome Classification (NOC) atau yang sering dikenal sebagai tujuan keperawatan dan kriteria hasil, saat ini sudah mengalami perkembangan yang pesat, dulu kita mengenal pembuatan tujuan keperawatan dengan formula SMART dan menggunakan kalimat yang sangat jelas dan singkat, tetapi seringkali tidak jelas dalam penentuan kriterianya. Alasan standarisasi dari NOC sendiri adalah menciptakan bahasa keperawatan yang spesifik, computerized nursing information system, menyeragamkan nursing data sets, evaluasi kualitas asuhan keperawatan, evaluasi efektivitas keperawatan, evakuasi inovasi dalam keperawatan, melibatkan profesi interdisiplin dalam perawatan, dan mengembangkan pengetahuan.
Sementara Nursing Intervention Classification (NIC) dibuat untuk mengurangi konsep perencanaan maka dibuatlah dalam bentuk taksonomi yang berupa urutan pembuatan intervensi keperawatan. Misal untuk masalah keperawatan resiko infeksi pada pasien yang dilakukan tindak operatif, dilihat dari taksonomi NIC, perawatan luka merupakan konsep intervensi sedangkan tindakan-tindakan (langkah-langkah) dari perawatan luka itu sendiri adalah aktifitas dari intervensi.
Demikian salah satu paparan pemateri tentang implementasi NANDA NIC NOC, acara ini sendiri diikuti oleh hampir seluruh mahasiswa keperawatan tingkat 1 dan tingkat 2. Tentunya ini menjadi salah satu bagian dari komitmen dari program studi S 1 Ilmu Keperawatan STIKes Dharma Husada Bandung untuk selalu mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan kekinian.

Kamis, 22 Januari 2015. Program Studi S 1 Ilmu Keperawatan STIKes Dharma Husada Bandung melaksanakan Kuliah Umum Implementasi NANDA NIC NOC yang disampaikan oleh dosen keperawatan yaitu Bapak Irman Somantri, M.Kep dan Ibu Asri Handayani, M.Kep. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Program Studi S 1 Ilmu Keperawatan di tahun Akademik 2014/2015, dalam […]

Leave a Reply

*